oleh

Diduga C1 Dirubah KPPS, PERAK Desak Bawaslu Selayar Usut dan Adili

Corong informasi.com, SELAYAR — Sidang dua laporan dugaan pelanggaran administrasi pemilu dengan nomor : 01/ADM/LP/PL/kab/27.22/IV/2019 di Bawaslu Kabupaten Kepulauan Selayar digelar hari ini, Selasa (30/4/19). Sidang tersebut terkait adanya dugaan form C1 Plano sebanyak 6 rangkap yang mempunyai nilai dan angka yg berbeda.

Kuasa Hukum Akhmad Rianto, SH dari Caleg Partai Golkar nomor urut 2, Ir. Arifin Dg Marola menduga adanya 6 form C1 Plano yang berbeda.

“Kami menduga adanya kecurangan yang dilakukan di tingkat TPS 03 Desa Bonea Makmur Kecamatan Bontomanai,” ungkapnya.

Lanjut pria yang akrab disapa Rinto ini, adanya perubahan terhadap jumlah suara yang di peroleh caleg dari partai Golkar nomor urut 2 yakni Ir. Arifin Dg. Marola dan Caleg nomor urut 4 H. Syamsurijal, S.Sos.

“Diduga adanya perubahan angka perolehan suara yang diperoleh oleh Caleg nomor urut 4 H. Syamsurijal S.Sos yang sesuai dengan C1 Plano berhologram yang perolehan suaranya 6 sesuai data yang diperoleh, tapi kemudian dalam form C1 Plano dan C1 kecil bertambah dan diubah menjadi 16 suara,” jelas Rinto.

Pihaknya juga menduga KPPS 03 Desa Bonea Makmur melakukan manipulasi data dan merubah angka form C1 sehingga merugikan kliennya.

Di tempat terpisah, Koordinator Divisi Pendidikan dan Politik Lembaga Pemantau Pemilu (LPP) LSM PERAK, Mirwanto, S.Pd mengatakan kecurangan-kecurangan yang terjadi pada pemilu kali ini termasuk berani.

“Duaji ini kalau bukan pihak-pihak terkait termasuk penyelenggara yang berbuat berarti pengawasan yang masih lemah,” tegas mantan Kabid PAO PB HMI MPO 2016/2017 ini.

Mirwan juga dengan tegas meminta kasus ini diusut tuntas dan diadili seadil-adilnya.

“Tolong Bawaslu usut dan tindak tegas jangan sampai jadi contoh yang buruk dalam perpolitikan di negara kita dan beri sanksi yang tegas jika terbukti melanggar aturan perundang-undangan,” pungkas Mirwan.

Selanjutnya, Kamis, (2/5/19) akan dilakukan sidang lanjutan untuk pengajuan banding bukti dan saksi-saksi pihak pelapor dan terlapor dalam hal ini KPSS yang diketuai oleh Jurniati.
(Rahman Ocak)

Gratis Berlangganan Berita Via WhatsApp

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA BERITA LAINNYA :