oleh

Wisata Data’e yang Tak Terurus Pemkab Sidrap

Coronginformasi.com–Obyek Wisata Datae dulu merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi para wisatawan, khususnya masyarakat Sidrap. Lokasinya berada di perbukitan Kelurahan Lawawoi, Kecamatan Watang Pulu atau poros Tans Sulawesi, sekitar 17 km dari kota Pangkajene, Sidrap.

Pemerintah Kabupaten Sidrap membangun obyek wisata ini sejak tahun 1995 hingga 1996 di atas lahan seluas 2,125 hektar. Lokasinya memiliki kultur dan latar belakang pengunungan yang lembab serta perbukitan panorama indah yang diapit sungai Pucu’e.

Berbagai fasilitaspun telah dibangun di dalamnya. Diantaranya, kolam renang, panggung pertunjukan, 11 rumah adat masing-masing kecamatan yang ada di Sidrap, dan berbagai fasilitas lainnya.

Pantauan corong, Beberapa bangunan dan fasilitas semisal rumah adat ini sudah usang dimakan usia. Tak hanya itu, fasilitas kolam renang yang pernah dijadikan arena berbagai lomba olahraga oleh Pemerintah maupun swasta, kini kondisinya tak terurus lagi.

Meski memiliki sumber mata air yang jernih dari areal perbukitan, kolam renang Datae airnya masih tetap keruh dan berlumut.

Berharap pihak pengelola dan pemerintah daerah lebih memperhatikan obyek wisata Datae ini. Utamanya fasilitas yang kondisinya sudah memprihatinkan.

Begitu juga rumah-rumah adat yang ada di Datae yang kondisi bangunannya juga sudah mulai rapuh dimakan usia. Sudah sepantasnya rumah-rumah adat tersebut itu segera direnovasi.

Redaksi

Gratis Berlangganan Berita Via WhatsApp

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA BERITA LAINNYA :