Pasar Saham: Definisi, Tujuan, dan Jam Buka

Pasal saham merupakan salah satu instrumen investasi yang menarik minat banyak orang. Artikel ini akan menjelaskan definisi pasar saham, tujuan adanya pasar saham, serta informasi mengenai jam buka dari pasar saham.

Definisi Pasar Saham

Pasar saham adalah tempat di mana saham-saham perusahaan yang telah go public atau mencatatkan sahamnya di bursa efek, diperjualbelikan antara investor. Pasar saham juga dikenal sebagai bursa efek, seperti Bursa Efek Indonesia (BEI). Pasar saham terdiri dari dua jenis, yaitu:

  1. Pasar Primer: Pasar ini adalah tempat di mana perusahaan menjual sahamnya secara langsung kepada investor untuk pertama kali melalui penawaran umum perdana (IPO) atau penawaran saham perdana. Tujuan perusahaan melantai di pasar saham secara umum adalah untuk meningkatkan modal atau dana bagi perusahaan.

  2. Pasar Sekunder: Setelah saham-saham perusahaan telah diterbitkan di pasar primer, saham tersebut kemudian diperdagangkan di pasar sekunder. Pasar sekunder memungkinkan para investor untuk membeli dan menjual saham kepada investor lain, bukan dari perusahaan secara langsung.

Tujuan Pasar Saham

Pasar saham memiliki beberapa tujuan utama, di antaranya:

  1. Mobilisasi Dana: Pasar saham memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mengumpulkan dana dari masyarakat untuk kebutuhan perusahaan. Sebaliknya, pasar saham juga menyediakan alternatif investasi bagi para individu dengan menyediakan tempat investasi yang likuid dan terorganisir.

  2. Pengalokasian Sumber Daya: Pasar saham menjembatani perusahaan yang membutuhkan dana dengan investor yang memiliki dana. Melalui pasar saham, sumber daya finansial dapat dialokasikan secara efisien.

  3. Transparansi dan Proteksi Investor: Pasar saham mewajibkan perusahaan yang terdaftar untuk melaporkan informasi keuangan dan berbagai hal yang dapat mempengaruhi harga saham. Hal ini menciptakan transparansi bagi investor dan melindungi kepentingan mereka.

  4. Pengukuran Kinerja Perusahaan: Pasar saham memberikan indikator kinerja perusahaan melalui harga saham dan indeks saham. Ini membantu perusahaan dalam mengevaluasi kinerjanya dan membantu investor dalam membuat keputusan investasi.

Jam Buka Pasar Saham

Jam buka pasar saham berbeda di setiap negara. Berikut ini merupakan jam buka beberapa pasar saham utama di dunia:

  1. Bursa Efek Indonesia (BEI): BEI buka pada hari Senin-Jumat, kecuali hari libur nasional. Pasar BEI dibuka dengan pra-pembukaan pada pukul 08:30-08:45 WIB, sesi I dari pukul 09:00-12:00 WIB, istirahat dari pukul 12:00-13:30 WIB, dan sesi II dari pukul 13:30-16:00 WIB. Pasar ditutup dengan fase pra-penutupan pada pukul 16:00-16:05 WIB dan penutupan mulai pukul 16:05-16:20 WIB.

  2. New York Stock Exchange (NYSE): NYSE buka pada hari Senin-Jumat, kecuali hari libur federal Amerika Serikat. Pasar NYSE dibuka dengan pra-pembukaan pukul 08:30-09:30 Eastern Time, sesi regular pukul 09:30-16:00, dan pra-penutupan pukul 16:00-20:00.

  3. Tokyo Stock Exchange (TSE): TSE buka pada hari Senin-Jumat, kecuali hari libur nasional Jepang. Pasar TSE dibuka dengan pra-pembukaan pukul 08:00-09:00 Japan Standard Time (JST), sesi I dari pukul 09:00-11:30 JST, istirahat dari pukul 11:30-12:30 JST, dan sesi II dari pukul 12:30-15:00 JST.

Kesimpulan

Pasar saham merupakan tempat perusahaan dan investor saling bertransaksi saham. Adanya pasar saham memiliki tujuan yang penting untuk perusahaan dan investor. Waktu pembukaan pasar saham berbeda di setiap negara, pastikan Anda mengetahui jam buka pasar saham sebelum berinvestasi agar dapat mengatur strategi dan keputusan investasi dengan tepat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak